Tuesday, May 1, 2018

Apa itu IGI ?

Logo Resmi IGI
Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisai guru yang diinisiasi sejak tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia. Gagasan pendirian IGI berasal dari diskusi di mailing list antara guru dan para praktisi pendidikan, dibuktikan dengan aksi nyata melalui pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi guru dengan nama Klub Guru Indonesia (KGI). Pada tanggal 26 November 2009 telah di sahkan  Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009.
  Kepengurusan baru 2016-2021 juga telah terdaftar di kementerian hukum dan ham dengan surat keputusan nomor AHU-0000308.A.H.01.08.Tahun 2016 dengan Ketua Umum Muhammad Ramli Rahim dari Sulsel dan Sekjen Mampuono dari Jawa Tengah. 
Ada banyak hal yang melatarbelakangi terbentuknya Ikatan Guru Indonesia, seperti yang dilansir di website resmi IGI. "IGI lahir dari keprihatinan akan rendahnya kompetensi guru Indonesia, pemerintah dalam kajian berbagai pihak dianggap belum sukses mengangkat kompetensi guru, sementara organisasi guru yang ada saat itu tak berbuat apapaun dalam rangka peningkatan kompetensi guru."
Sejak mendapat pengesahan resmi dari pemerintah sebagai organisasi guru, IGI terus berkonsentrasi penuh pada peningkatan kompetensi guru. Bagi IGI, ujung pangkal dari semua persoalan pendidikan di Indonesia ada pada rendahnya kompetensi guru Indonesia baik kompetensi profesional, kompetensi paedagogik, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian.
Dibawah kepemimpian Ketua Umum Muhammad Ramli Rahim dan Sekjen Mampuono, IGI seperi terbang tinggi dalam peningkatan kompetensi guru dan pengembangan organisasi. Kini IGI sudah hadir di 34 Provinsi di Indonesia dengan lebih dari 400 kabupaten/kota. Tak satupun minggu sepanjang Februari 2016 hingga saat ini yang tak diisi seminar, workshop, diklat atau simposium kecuali saat Idul Fitri.
Temu Nasional Pelatih yang diselenggarakan tanggal 5 sampai dengan 6 Januari 2018 di Gedung A Kemendikbud Jakarta menghasilkan 67 Kanal yang sudah dinyatakan lolos untuk tahap I oleh tim Penjamin Mutu Kanal Pelatihan. Kriteria yang dinyatakan lolos tersebut adalah terdaftar secara online pada drive yang diumumkan sebelumnya, mengirimkan file presentasi serta menampilkan kanal tersebut pada kegiatan Temu Nasional Pelatih IGI 2018. Kanal-kanal pelatihan IGI yang dinyatakan lolos tersebut sebagai berikut :
  1. SAGUSANOV Abdul Kholiq
  2. SAGUSAE Eliyas Puspa
  3. SAGUSAMIK Abdul Karim
  4. SAGUSAKA Dahli Ahmad
  5. SAGUDELTA Khairuddin
  6. SAGUSAVI Widi Astiyono
  7. SAGUSAMEP Abdul Halim Rahmat
  8. SAGUSARIF Arnold Jacobus
  9. SAGUSAGAME Crysna Rhani Ningrum
  10. SAGUSOFT Anastasia
  11. SAGUSAKU Noer Badriyah
  12. SAGUPASI Rusnani
  13. SAGUSABEST Rina Sugiartinengsih
  14. SAGUSAMOD Heri Yudianto
  15. SAGUMANISAN Muntasir Hak
  16. SAGUTABI Slamet Riyanto
  17. SAMISANOV Aries Eka Prasetya
  18. SAGUSABOT Basman Tompo
  19. SAGUSADO Syukur Salman
  20. SADAR Umi Tira Lestari
  21. SIDARING IGMP Matematika Indonesia
  22. SAGUSAKUPAT Hasim Muhammad
  23. SAGUSAPIJAR Robie Ferli
  24. SAGUSAFIS Nurliyanto
  25. SAGUSAIMORAN Khairil Muhammad Anwar
  26. SAGUSAVID Tri Goesema Poetra
  27. SAGUSABOLA Tantan Sutandi Nugraha
  28. SAGUSAPLET Kasman
  29. SAGUSATOR Yosi Sandra
  30. SAGUSAGU Fathur Rahman
  31. SAGUBASWAY Tri Haryanto
  32. SAGUSAPEN Misnawati
  33. SAGUABAD Zakaria Akhmad
  34. SAGUKANAL Bambang Setiawan
  35. SAGUKAYA Trival Setyadik
  36. SAGUBLOG Amin Mungamar
  37. SAGUBAQU Margiyanto
  38. SAGUPEGTAS Arbain
  39. SAGUWARNA Chandra Sri Ubayanti
  40. SAGUTAPE Shahibah Sain
  41. SAGUSATA IGPAUD Chustini
  42. SAGUSENI Sutriyono
  43. SAGUSAPOINTER Rica Susanti
  44. SAGUSATI Harmoko Mustafa
  45. SAGUSATEG Zulfah Magdalena
  46. SAGUSAGE Yoel Istiawanto
  47. SAGUSABBOOK Rohma Wati
  48. SAGUSAMED Elly Yuliana
  49. SAGUSAMPI Wayan Suwirya
  50. SAGUSAPIR I Gde Wayan Sudiarta
  51. SAGUSAPOP Asep Gunawan
  52. SAGUDISTRO Sesep Ferdiansyah Syaiful Hijrah
  53. SAGUSAVPRES Imran Rosyidi
  54. SAGUSALAY Rawiyah
  55. SAGUSAKTI Noor Baiti
  56. SAGUSATEFA Nur Rohman
  57. SAGUSACAT Ode Abdurrahman
  58. SAGUSALIST Joko Susilo
  59. Maluku Belajar Yandri
  60. SAGUSANTRI Mampuono
  61. MENEMU BALING Mampuono
  62. SAGUSALIN Mampuono
  63. SAGUSAIB Widadi Muslim
  64. SAGUSPEDA Made Mahendra
  65. SAGUBEREN Rahmat Sentana
  66. SAGUSAPER Sumiati
  67. SAGUDIHATI Nurkholis
Kanal-kanal yang dinyatakan lolos akan diberikan legalitas untuk melatih ke seluruh daerah se Indonesia dalam bentuk Surat Keputusan Kepelatihan IGI Pusat dengan ketentuan bagi Kanal yang baru eksis atau terdaftar untuk memberikan laporan kegiatan pelaksanaan pelatihan bagi guru melalui kanalnya dalam rentang waktu 2 bulan minimal satu kali. Laporan pelaksanaan kegiatan dikirim ke email herudbudi@gmail.com. Jika tidak melaksanakan kegiatan selama kurun waktu dua bulan tersebut, maka kanal yang diumumkan di atas bisa dinyatakan gugur dan tidak memperoleh SK Kepelatihan. Sementara pada beberapa kanal yang sudah eksis diharapkan akan terus melaksanakan implementasinya secara konsisten dan reguler serta berkembang ke beberapa daerah.

Motivasi untuk berubah harus datang dari dalam diri guru sendiri dan bukan karena didorong atau dipaksa-paksa. Menjadi guru harus merupakan pilihan pribadi dan bukan karena keterpaksaan. Oleh karena itu para guru harus benar-benar hidup dengan pilihan tersebut atau meninggalkannya sama sekali. Dengan motto "sharing and growing together", Ikatan Guru Indonesia akan menjadi komunitas yang tepat bagi para guru dan siapa saja yang tertarik dan peduli pada pentingnya memajukan dunia pendidikan dan keguruan. Prinsip ini berarti bahwa para guru haruslah memberi lebih dahulu agar ia dapat maju dan berkembang. Guru dan tidak tampil dalam posisi pasif atau penerima belaka namun justru dalam posisi aktif, yaitu memberi dan berbagi dengan sesama.

Sumber :

1 comment:

  1. Alhamdulillah telah terlahir orprof yg komitmen membantu pemerintah meningkatkan profesional guru. Dengan kemandirian pelatihan pelatihan yg diselenggarakan IGI, setidaknya menjadi pejuang jaman now untuk mencerdaskan bangsa yg diawali dengan sosok guru yg selalu belajar mencerdaskan diri.

    ReplyDelete